Tugas UTS SOSIOLOGI PENDIDIKAN Pola Relasi Ideal Antara Orang Tua dan Anak dalam Pendidikan dan Pengasuhan


Tugas UTS
SOSIOLOGI PENDIDIKAN
Oleh: Ulil albab (16030444)
Pola Relasi Ideal Antara Orang Tua dan Anak dalam Pendidikan dan Pengasuhan
Menurut Hurlock (dalam Syamsul Yusuf dan Juntika Nurishan, 2010) terdapat beberapa pola hubungan antara anak dan orang tua, atau sikap dan perlakuan orang tua terhadap anak, yang masing-masing mempunyai pengaruh tersndiri terhadap anak. Keluarga merupakan lingkungan yang pertama dan utama bagi perkembangan individu. Sejak kecil anak tumbuh dan berkembang dalam lingkungan keluarga. Jadi disini mungkin pola orang tua itu bisa dirasakan dari adanya sikap orang tua yang penuh toleransi, memungkinkan anak untuk dapat memiliki ego yang kuat. Sebaliknya, sikap yang tidak toleran cenderung akan menghasilkan ego yang lemah pada diri anak. Kemudian, relasi orang tua anak yang bersifat terbuka dapat membentuk menunjang proses pembentukan kontrol intelektual anak. Hubungan orang tua anak yang diwarnai kehangatan memugkinkan anak memiliki kemampuan untuk dapat melibatkan diri dengan lingkungan sosialnya.
Menurut Syaiful Bahri Djamrah, keluarga adalah sebuah komunitas dalam satu sikap. Maksutnya kesadaran untuk hidup bersama dalam satu atap sebagai suami istir dan saling berinteraksi dan saling berpotensi punya ank dan ahirnya membentuk komunitas baru yang disebut keluarga. Dengan demikan tanggung jawab orang tua adalah pendidik pertama dan utama dalam keluarga. Bagi anak orang tua adalah model yang harus ditiru dan diteladani. Sebagai model orang tua seharusnya memberikan contoh yang terbaik bagi anak dalam keuarga. Sikap orang tua harus mencerminkan sikap yang muliia.
Setiap anak dalam hidupnya akan selalu mengalami perkembangan sesuai dengan tahapan usianya. Keberhasilan anak dalam mencapai tugas perkembangan sesuai dengan tahapannya, baik internal dan eksternal, diantarannya adalah pola asuh, pola hubungan keluarga. Peran dan fungsi keluarga, dukungan lingkungan rumah dan sekolah dan beberapa faktor pendukung lainnya. Interaksi yang terbangun didalam keuarga antara anak dengan orang tua merupakan sebuah proses blajar yang sedang terjadi mulai dari pengamatan, pola pikir, tindakan hingga menjadi sebuah kebiasaan. Proses belajar ini pada ahirnya bertujuan untuk membentuk individu yang berkarakter dan cerdas baik secara akal maupun moral, hingga keberadaannya dapat berguna bagi dirinya sendiri secara khusus dan bagi masyarakat umumnya.  Menurut Baumind pola asuh oang tua yaitu: Pola asuh yang mengabaikan adalah gaya pengasuhan dimana orang tua tidak terlihat dalam kehidupan anak-anak mereka. Orang tua yang menerpkan pola pengasuhan ini tidak memiliki banyak waktu untuk bersama anak-anak mereka. Sehingga menyebabkan  berhubungan dengan ketidak cakapan sosial terhadap anak. Kemudain poa asuh permisif adalah orang tua sangat terlibat dalam kehidupan anak, tetapi hanya menetapkan sedikit batasan atau larangan tas perilaku mereka.
Jadi disini keluarga merupakan lingkungan yang pertama dan utama bagi perkembangan. Oleh sebab itu, peran orang tua menjadi amat sentral dan sangat besar pengaruhnya bagi pertumbuhan dan perkembngan anak, baik secara langsung maupun tidak langsung. Harapan dari anak terhadap orang tuanya adalah keteladanannya dan contoh orang tua yang paling hakiki adalah Rosulullah SAW tanpa adanya suritauladan yang diperlihatkan oleh orang tua.

Comments