Agama-Agama Yahudi


Agama-Agama Yahudi
Oleh:
Ulil Albab (16030444)
Princes (389479234)
Dian (92384720)
Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Pandanaran

Pendahuluan
Agama Yahudi, sebagai agama Samawi, merupakan salah satu agama yang terbesar di dunia. Agama ini berpusat di daerah Israel (Palestine). Dalam bahasa Inggris, orang Yahudi disebut Jews dan pemeluknya disebut Judaism. Agama ini adalah salah satu agama samawi yang diklaim sebagai agama tertua di dunia dan berasal dari Ibrahim. Banyak penjelasan mengenai agama Yahudi, salah satunya yang menyatakan bahwa agama Yahudi itu merupakan suatu keyakinan yang dihubungkan dengan ide ketuhanan serta perwujudan suatu bangsa yang telah dipilih Tuhan. Ada juga yang menjelaskan bahwa agama Yahudi itu adalah agama yang dihasilkan oleh proses perkembangan sejarah Bani Israel yang sudah melalui masa sekian lama, ditumbuhkan dari ide Taurat, Talmud dan watak pembawaan bangsa Israel itu sendiri. Agama ini berkitab sucikan Taurat.
Bangsa Yahudi, menurut sebagian sejarawan, hakekatnya adalah bangsa campuran berbagai unsur (mixed race) yang dipersatukan oleh satu nasib dan watak. Mereka hidup mengembara seperti orang Badui. Untuk mendapatkan wilayah untuk tinggal, bangsa ini melakukan peperangan dengan penduduk pribumi. Salah satunya berperang dengan penduduk Kananiah (Palestine). Dasar pemikiran dan tingkah laku Yahudi adalah Talmud, yaitu pedoman rahasia yang tidak diketahui dengan pasti, kecuali oleh mereka sendiri. Dengan demikian, posisi agama Yahudi sebagai agama samawi, seakan berubah menjadi organisasi rahasia. Sejarah agama Yahudi diklaim sejak adanya Nabi Musa (4000 tahun yang lalu).

Holokaust
Holokaust yaitu penyiksaan dan pembantaian terhadap sekitar enam juta orang Yahudi oleh rezim Nazi dan kolaboratornya seacara sistematis, birokratis dan disepeonsori oleh negara. holokaust berasal dari kata dalam bahasa Yunani yang artinya berkorban dengan api. Konflik antara agama dan bangsa perang dunia itu mempengaruhi Yahudi pada abad ke-20. Dan disitu ada 3 fasisme Jerman, Jepang dan Italia. Nazi adalah salah satu kelompok penggerak politik yang sangat radikal anarki dan dipelopori oleh Hitler. Itu adalah panglima depasisme, yang mana sekutu itu ingin memerangi 3 negara. Nazi menganggap bahwa orang Yahudi akan melakukan hal yang mengancam masa depan bangsa Jerman. Karena Yahudi menduduki banyak jabatan di Jerman tetapi Yahudi tidak pernah berniat untuk menghancurkan masa depan Jerman. Nazi beranggapan bahwa loyalitas utama bangsa Yahudi adalah untuk Allah bukan untuk negara. dan sehingga orang Yahudi menjelaskan bahwa dunia tidak boleh melupakannya. dan di  Yad Veshem Yerussalem mereka membangun tugu untuk peringatan khusus. Dan di Yad Vashem ditanam sederet pohon yang disebut jalan kebajikan. Dimana diartikan setiap pohon itu melambangkan seorang non-Yahudi yang membantu menyelamatkan kehidupan orang Yahudi pada peristiwa Holokaust.
Sinagoga, Tabut dan Gulungan Kitab
Sinagoga merupakan tempat peribadatan umat Yahudi. Pada abad ke-6 orang-orang Yahudi tidak dapat lagi menggunakan Bait Allah di Yerussalem sehingga mereka bersama-sama bertemu di sinagoga untuk belajar agama dan berdoa. Banyak upacara keagamaan di sinagoga didasarkan pada upacara keagamaan. di Bait Allah dan waktu-waktu pelayanan ibarat mencerminkan pola-pola kurban di Bait Allah. Setelah orang Romawi menghancurkan Bait Allah Yerussalem pada tahun 70 CE,  dan tidak pernah dibangun kembali, kehidupan keagamaan Yahudi dipusatkan di sinagoga. Sinagoga juga menjadi tempat bagi calon anggota baru agama Yahudi yang berasal dari non-Yahudi. Sinagoga juga berfungsi sebagai tempat doa yang berkiblat ke arah Yerussalem.
Tabut adalah almari terbuka yang ditutupi dengan tirai yang berat dan merupakan titik pusat yang ada disetiap sinagoga. Tabut itu berfungsi untuk mengingatkan para peserta ibadat bahwa tempat tersebut merupakan tempat yang suci di Bait Allah. Didalam nya terdapat sepuluh perintah Allah yang ditulis didalam dua loh batu. Selain loh batu, disana terdapat gulungan kitab Taurat masing-masing gulungan telah dikutip dengan tulisan tangan dari Kitab Taurat dalam bahasa Ibrani dan ditempatkan pada dua kayu penggulung (pohon kehidupan). Gulungan itu memiliki kepala dan bel dari perak di mahkotanya untuk melambangkan kuasa Allah dan alat-alat itu di bungkus dengan kain beludru dengan perisai pelindung dada sebagai lambang alat itu pernah dipakai oleh Imam Agung pada hari-hari ibadat. Dalam ibadat tersebut, gulungan kitab dikeluarkan dari tabut, dan apabila gulungan tabut itu melewati setiap orang maka mereka diperkenankan untuk berdiri sebagai penghormatan kepada kitab suci tersebut. Orang-orang yang dipercaya untuk membuka dan menutup tabut merupakan suatu kehormatan yang agung. Berbeda dengan kitab Islam, apabila kitab tersebut sudah dirasa sangat tua untuk dipergunakan lagi, maka ia tidak dibakar melainkan dikubur seperti manusia.
Yoem Kippur
Yoem Kippur merupakan salah satu hari besar Yahudi. Tahun baru (Rosh Hasanah) dan Yom Kippur (hari pertobatan) merupakan hari untuk mengawali tahun Yahudi. Pada hari tersebut diawali dengan bunyian terompet tanduk biri-biri jantan (Sfofar) pada tahun baru, ada tiga kitab dibuka di surga. Yaitu kitab daftar semua orang kudus yang diberi hadiah karena perbuatan baiknya, kitab daftar orang jahat yang akan dihukun Tuhan, dan kitab daftar orang yang berhasil memperlihatkan bahwa 10 hari antara tahun baru dan Yom Kippur mereka layak masuk surga. Pada hari Yom Kippur, orang Yahudi berusaha berjumpa dengan tuhan selama 25 jam melalui puasa di sinagoga, untuk mendapatkan pengampunan-Nya.
Konsep Kosher
Kosher adalah peraturan pemakanan yang dibenarkan untuk digunakan berdasarkan undang-undang makanan orang Yahudi. Peraturan ini berdasarkan kitab suci dan perintah nabi Musa. Hal ini untuk membedakan diantara makanan (Kosher) yang dibenarkan dan makanan (therifah) yang dilarang oleh agama Yahudi. Sama seperti konsep halal, kosher tidak menghendaki adanya babi dalam bahan-bahan makanan dan minuman. Dan hewan-hewan seperti sapi, domba, kambing harus disembelih dengan menggunakan pisau tajam dan tidak boleh dimatikan dengan cara dipukul atau diterkam binatang buas. Karena memiliki kemiripan, jadi orang-orang yahudi menganggap kohser adalah makanan yang halal bagi muslim. Tetapi tidak semua kosher itu halal dan boleh dikonsumsi oleh umat Muslim. Konsep kosher sangatlah rumit dibandingkan dengan persyaratan halal. Dan proses sertifikasi kosher dapat berlangsung hingga berhari-hari. Contohnya dalam proses penyembelihan, mereka harus mengawasi dengan benar tata cara penyembelihan seperti yang mereka inginkan. Bukan saja pada  penyembelihannya tetapi cara pemotongan daging juga diawasi dengan ketat karena mereka tidak makan bagian bagian tertentu. ada perbedaan makanan dan minuman yang menurut orang yahudi kosher tetapi tidak halal minuman anggur (wine), semua jenis gelatin (yang terbuat dari tulang atau kulit hewan) dan daging kosher yang meskipun disembelih tetapi tidak menyebutkan nama Allah. Serta makanan yang halal bagi muslim tetapi haram bagi Yahudi misal, kelinci, unggas liar, ikan yang tidak bersirip, kerang.

http://linkshrink.net/7gGeHS

Comments

Post a Comment