UJIAN TENGAH SEMESTER
Mata Kuliah : Statistik Pendidikan
Prodi : PBA IV
Nama : Ulil Albab
Prodi : Pendidikan Bahasa Arab
Nim : 16030444
1. Cobalah anda identifikasi faktor-faktor yang menyebabkan seseorang merasa enggan untuk mempelajari dan memanfaatkan statistik dalam kegiatan penelitian mereka!
• Yang pertama menganalisa suatu data yang berupa angka-angka, menganalisa sebuah data yang aneh, model yang tidak sesuai dengan data dan mengakibatkan hubungan antara dua fariabel tidak signifikan, kadangkala membuat statistik menjadi stres jadi itulah Penyebab seseorang merasa enggan untuk mempelajari hal tersebut. Maupun dalam kegiatan ataupun penelitian.
2. Jelaskan mengapa pemahaman tentang jenis-jenis data menjadi sangat penting sebelum seseorang mempelajari statistic lebih lanjut?
• Karena statistik merupakan alat bantu dalam proses analisis suatu data yang berupa angka-angka atau data kuantitatif. Karena statistik bekerja dengan angka dan data yang kualitatif kemudian dapat dianalisis dengan statistik jika telah di ubah menjadi data kuantitatif. Statistik juga dapat menyajikan data yang terkumpul secara sederhana. Dengan demikian maka statistik mempunyai manfaat sebagai penyederhanaan atas data yang terkumpul.
3. Sebutkan perbedaan antara statistic deskriptif dengan statistic induktif atau inferensi!
• Perbedaan antara statistik deskriptif, induktif dan infrensi.
Statistik deskriptif yaitu suatu bentuk yang bersifat memberi gambaran, statistik induktif yaitu mencangkup metode yang berkaitan degan analisa sebagian data. Statistik inferensi menarik opini atau kesimpulan. Jadi terdapat pernyataan atau pengertian yang mencangkup kedua jenis statistik tersebut yang mana pada statistik deskriptif atau statistik deduktif yaitu hanya sampai pada penyajian tanpa menyimpulkan sedangkan pada statistik inferensial atau statistik induktif sampai pada metode analisa data untuk mendapatkan kesimpulan yang tepat.
4. Buatlah sebuah bagan tentang alur kerja statistic!
5. Berikut ini adalah nilai-nilai hasil tes formatif bahasa Arab yang berhasil dicapai oleh 65 orang siswa kelas XI MAN Ponorogo:
53 42 31 44 51 43 48 41 43 48 41 55 40 38 42 44 46 43 35 42 42 45 44 46 40 40 43 62 52 48 46 65 43 48 52 51 57 48 48 47 52 38 51 45 38 51 40 46 45 54 55 41 50 59 42 39 56 44 43 47 51 43 50 34 40
Buatlah tabel distribusi frekuensi data kelompokan berdasarkan data tersebut di atas.
Dari data di atas diperoleh:
a. Menghitung besarnya Range (R) = H – L = 65–31 = 34
b. Menentukan banyaknya kelas interval (K). Karena n < 250, maka banyaknya kelas = 9.
c. Menentukan perkiraan interval kelas (P). P = R/K = 34 : 9 = 3,77 = 4
d. Menentukan batas kelas. Data paling rendah adalah 31 Angka tersebut kita jadikan sebagai batas bawah untuk kelas pertama. Sedangkan batas atas untuk kelas pertama adalah penjumlahan batas bawah kelas pertama dengan interval kelas dikurangi satu, ( 31 + 4 – 1) = 34
Tabel Distribusi Frekuensi Nilai-nilai Hasi Tes Formatif Bhs. Arab yang berhasil
dicapai oleh 65 orang Siswa Kelas XI MAN
INTERVAL
NILAI
TALLIEST/ JARI-JARI
F
31-34
35-38
39-42
43-46
47-50
51-54
55-58
59-62
63-67
II
IIII
IIIII IIIII IIII
IIIII IIIII IIIII III
IIIII IIIII
IIIII IIIII
IIII
II
I
2
4
14
18
10
10
4
2
1
TOTAL - 65 = N
6. Di bawah ini adalah data Nilai-nilai Hasil Post Test Bimbingan Belajar Bahasa Arab dari 100 orang Calon mahasiswa baru INSURI Ponorogo T.A 2009/ 2010
75 66 77 65 80 81 72 70 72 80
72 72 60 75 73 88 67 69 73 66
83 65 73 70 82 79 83 80 89 76
76 70 80 85 70 78 67 70 80 77
82 74 57 79 77 75 75 85 60 86
78 72 60 75 73 88 67 69 73 66
82 74 91 79 77 75 75 85 60 86
76 70 80 85 70 78 67 70 80 77
83 65 73 70 82 79 83 80 89 76
75 66 77 65 80 81 72 70 72 80
Jawaban:
Dari data di atas diperoleh:
a. Menghitung besarnya Range (R) = H – L = 91 – 57 = 34
b. Menentukan banyaknya kelas interval (K). Karena n < 250, maka banyaknya kelas = 9.
c. Menentukan perkiraan interval kelas (P). P = R/K = 34 : 9 = 4
d. Menentukan batas kelas. Data paling rendah adalah 57 Angka tersebut kita jadikan sebagai batas bawah untuk kelas pertama. Sedangkan batas atas untuk kelas pertama adalah penjumlahan batas bawah kelas pertama dengan interval kelas dikurangi satu, ( 57 + 4 – 1) = 60
e. Table distibusi frekuensinya adalah sebagai berikut:
NILAI (X) F FREKUENSI KUALITATIF FREKUESI RELATIF FREK. RELATIF KUMULATIF
57-60 5 5 0,05 0,05
61-64 0 5 0,00 0,05
65-68 12 17 0,12 0,17
69-72 19 36 0,19 0,36
73-76 20 56 0,20 0,56
77-80 23 79 0,23 0,79
81-84 10 89 0,10 0,89
85-88 8 97 0,08 0,97
89-92 3 100 0,03 1,00
Total 100 1,00
7. Di bawah ini adalah table distribusi frekuensi afiliasi ormas keagamaan dari 18 orang mahasiswa INSURI Ponorogo yang dijadikan sample dalam penelitian.
Dari table di atas:
a. Buatalah grafik histogram berdasarkan usia mahasiswa
b. Buatlah grafik histogram yang memuat variable jenis kelamin dengan afiliasi ormas
c. Buatlah grafik histogram yang memuat variable tempat tinggal dengan afiliasi ormas
d. Buatlah diagram lingkaran yang menggambarkan afiliasi ormas berdasarkan tempat tinggal mahasiswa
e. Buatlah diagram lingkaran yang menggambarkan afiliasi ormas berdasarkan tempat jenis kelamin mahasiswa.
mantappp bosquuuu
ReplyDelete