Statistik Pendidikan PBA

UJIAN TENGAH SEMESTER Mata Kuliah : Statistik Pendidikan Prodi : PBA IV Nama : Ulil Albab Prodi : Pendidikan Bahasa Arab Nim : 16030444 1. Cobalah anda identifikasi faktor-faktor yang menyebabkan seseorang merasa enggan untuk mempelajari dan memanfaatkan statistik dalam kegiatan penelitian mereka! • Yang pertama menganalisa suatu data yang berupa angka-angka, menganalisa sebuah data yang aneh, model yang tidak sesuai dengan data dan mengakibatkan hubungan antara dua fariabel tidak signifikan, kadangkala membuat statistik menjadi stres jadi itulah Penyebab seseorang merasa enggan untuk mempelajari hal tersebut. Maupun dalam kegiatan ataupun penelitian. 2. Jelaskan mengapa pemahaman tentang jenis-jenis data menjadi sangat penting sebelum seseorang mempelajari statistic lebih lanjut? • Karena statistik merupakan alat bantu dalam proses analisis suatu data yang berupa angka-angka atau data kuantitatif. Karena statistik bekerja dengan angka dan data yang kualitatif kemudian dapat dianalisis dengan statistik jika telah di ubah menjadi data kuantitatif. Statistik juga dapat menyajikan data yang terkumpul secara sederhana. Dengan demikian maka statistik mempunyai manfaat sebagai penyederhanaan atas data yang terkumpul. 3. Sebutkan perbedaan antara statistic deskriptif dengan statistic induktif atau inferensi! • Perbedaan antara statistik deskriptif, induktif dan infrensi. Statistik deskriptif yaitu suatu bentuk yang bersifat memberi gambaran, statistik induktif yaitu mencangkup metode yang berkaitan degan analisa sebagian data. Statistik inferensi menarik opini atau kesimpulan. Jadi terdapat pernyataan atau pengertian yang mencangkup kedua jenis statistik tersebut yang mana pada statistik deskriptif atau statistik deduktif yaitu hanya sampai pada penyajian tanpa menyimpulkan sedangkan pada statistik inferensial atau statistik induktif sampai pada metode analisa data untuk mendapatkan kesimpulan yang tepat. 4. Buatlah sebuah bagan tentang alur kerja statistic! 5. Berikut ini adalah nilai-nilai hasil tes formatif bahasa Arab yang berhasil dicapai oleh 65 orang siswa kelas XI MAN Ponorogo: 53 42 31 44 51 43 48 41 43 48 41 55 40 38 42 44 46 43 35 42 42 45 44 46 40 40 43 62 52 48 46 65 43 48 52 51 57 48 48 47 52 38 51 45 38 51 40 46 45 54 55 41 50 59 42 39 56 44 43 47 51 43 50 34 40 Buatlah tabel distribusi frekuensi data kelompokan berdasarkan data tersebut di atas. Dari data di atas diperoleh: a. Menghitung besarnya Range (R) = H – L = 65–31 = 34 b. Menentukan banyaknya kelas interval (K). Karena n < 250, maka banyaknya kelas = 9. c. Menentukan perkiraan interval kelas (P). P = R/K = 34 : 9 = 3,77 = 4 d. Menentukan batas kelas. Data paling rendah adalah 31 Angka tersebut kita jadikan sebagai batas bawah untuk kelas pertama. Sedangkan batas atas untuk kelas pertama adalah penjumlahan batas bawah kelas pertama dengan interval kelas dikurangi satu, ( 31 + 4 – 1) = 34 Tabel Distribusi Frekuensi Nilai-nilai Hasi Tes Formatif Bhs. Arab yang berhasil dicapai oleh 65 orang Siswa Kelas XI MAN INTERVAL NILAI TALLIEST/ JARI-JARI F 31-34 35-38 39-42 43-46 47-50 51-54 55-58 59-62 63-67 II IIII IIIII IIIII IIII IIIII IIIII IIIII III IIIII IIIII IIIII IIIII IIII II I 2 4 14 18 10 10 4 2 1 TOTAL - 65 = N 6. Di bawah ini adalah data Nilai-nilai Hasil Post Test Bimbingan Belajar Bahasa Arab dari 100 orang Calon mahasiswa baru INSURI Ponorogo T.A 2009/ 2010 75 66 77 65 80 81 72 70 72 80 72 72 60 75 73 88 67 69 73 66 83 65 73 70 82 79 83 80 89 76 76 70 80 85 70 78 67 70 80 77 82 74 57 79 77 75 75 85 60 86 78 72 60 75 73 88 67 69 73 66 82 74 91 79 77 75 75 85 60 86 76 70 80 85 70 78 67 70 80 77 83 65 73 70 82 79 83 80 89 76 75 66 77 65 80 81 72 70 72 80 Jawaban: Dari data di atas diperoleh: a. Menghitung besarnya Range (R) = H – L = 91 – 57 = 34 b. Menentukan banyaknya kelas interval (K). Karena n < 250, maka banyaknya kelas = 9. c. Menentukan perkiraan interval kelas (P). P = R/K = 34 : 9 = 4 d. Menentukan batas kelas. Data paling rendah adalah 57 Angka tersebut kita jadikan sebagai batas bawah untuk kelas pertama. Sedangkan batas atas untuk kelas pertama adalah penjumlahan batas bawah kelas pertama dengan interval kelas dikurangi satu, ( 57 + 4 – 1) = 60 e. Table distibusi frekuensinya adalah sebagai berikut: NILAI (X) F FREKUENSI KUALITATIF FREKUESI RELATIF FREK. RELATIF KUMULATIF 57-60 5 5 0,05 0,05 61-64 0 5 0,00 0,05 65-68 12 17 0,12 0,17 69-72 19 36 0,19 0,36 73-76 20 56 0,20 0,56 77-80 23 79 0,23 0,79 81-84 10 89 0,10 0,89 85-88 8 97 0,08 0,97 89-92 3 100 0,03 1,00 Total 100 1,00 7. Di bawah ini adalah table distribusi frekuensi afiliasi ormas keagamaan dari 18 orang mahasiswa INSURI Ponorogo yang dijadikan sample dalam penelitian. Dari table di atas: a. Buatalah grafik histogram berdasarkan usia mahasiswa b. Buatlah grafik histogram yang memuat variable jenis kelamin dengan afiliasi ormas c. Buatlah grafik histogram yang memuat variable tempat tinggal dengan afiliasi ormas d. Buatlah diagram lingkaran yang menggambarkan afiliasi ormas berdasarkan tempat tinggal mahasiswa e. Buatlah diagram lingkaran yang menggambarkan afiliasi ormas berdasarkan tempat jenis kelamin mahasiswa.

Comments

Post a Comment